Tempat Wisata di Solo Yang Populer

Tempat Wisata di Solo Yang Populer

Rate this post

wisata di solo yang pupuler dan wajib dikunjungi

Sejarah kota Solo, dulu kota ini merupakan wilayah yang pernah dijajah oleh Belkamu tepatnya pada tahun 1950, pada jaman itu Solo masuk dalam wilayah Karesidenan Surakarta yang terdiri dari kota Solo/Surakarta, Sukoharjo, Boyolali, Wonogiri, Sragen dan Klaten.

Penduduk kota solo mayoritas bekerja sebagai pengrajin batik dan wayang sehingga bagi Anda yang ingin berburu batik, silahkan saja datang ke Kota ini, bahkan Anda juga dapat membuat batik sendiri saat berkunjung ke Kota Solo.

Lalu apa saja tempat wisata yang ada di Kota Solo ? Nah di bawah ini kami sajikan informasi mengenai Tempat Wisata Solo Paling Populer dan Menarik. Yuk langsung saja kia simak informasinya.

1. Candi Sukuh

Candi Sukuh Solo
Candi Sukuh Solo

Candi ini merupakan tempat wisata populer yang lokasinyanya ada disebelah timur kota Solo atau tepatnya di wilayah Karanganyar. Bagi yang baru pertama kali menyambangi tempat ini mungkin akan sedikit parno karena Candi Sukuh sering disebut sebagai candi mesum karena banyak terdapat arca dan relief yang menampilkan organ vital.

Hingga saat ini Candi Sukuh masih menjadi situs peninggalan dan tempat wisata Solo yang diminati oleh wisatawan. Bagi Anda yang berencana berkunjung ke Candi Sukuh, mungkin nanti akan sedikit kesulitan karena harus melewati jalan yang cukup rumit, selain itu nantinya Anda akan melewati tanjakan yang cukup terjal karena candi ini terletak di lereng Gunung Lawu. Jadi sebelum berangkat harus dipastikan dulu bahwa kendaraan yang akan dibawa dalam keadaan normal dan siap tempur.

2. Museum Batik

Museum Batik Danar Hadi
Museum Batik Danar Hadi

Museum Batik Danar Hadi merupakan salah satu tempat wisata bogor yang berlokasi di Jl Slamet Riyadi atau jalan utama Kota Solo. Museum ini didirikan pada tahun 1967, hingga saat ini Danar Hadi memiliki berbagai koleksi batik berkualitas. Batik-batik ini berasal dari berbagai wilayah, beberapa jenis batik diantaranya ada batik asli keraton, batik Jawa, Hokokai, batik China, batik pesisir, batik Sumatera dan masih banyak lagi jenis lainnya.

Selain mendapat mengenal lebih jauh tentang batik, daya tarik lainnya yang disajikan tempat wisata bogor ini adalah adanya bangunan dengan desain khas Jawa yang ada di samping museum. Bangunan ini dikenal dengan “Ndalem Wuryaningratan”.

3. Candi Cetho

Candi Cetho Solo
Candi Cetho Solo

Candi Cetho merupakan salah satu candi peninggalan kerajaan Hindu. Hingga saat ini pada waktu-waktu tertentu sering ada aktivitas keagamaan di tempat ini. Jadi jangan heran kalau di beberapa titik yang ada di sekitar candi cetho terdapat sesajen yang merupakan bekas ritual keagamaan umat hindu.

Alamat Candi Cetho terletak di wilayah Dusun Ceto, Gumeng, Jenawi, Karanganyar, Jawa Tengah. Seperti halnya rute menuju Candi Sukuh, agar dapat sampai di Candi Ceto pengunjung butuh perjuangan karena medan yang cukup sulit. Namun saat tiba di lokasi maka akan disuguhkan dengan pemandangan Candi yang tak bisa Anda lihat di tempat wisata lainnya, apalagi kalau pas kebetulan berbarengan dengan pelaksanaan acara disana, itu akan menjadi pengalaman wisata yang tak terlupakan.

4. Grojogan Sewu Tawangmangu

Grojogan Sewu Tawangmangu
Grojogan Sewu Tawangmangu

Kawasan wisata Air Terjun Grojogan Sewu telah dilengkapi dengan adanya beberapa fasilitas seperti arena permainan guna kenyamanan pengunjungnya. Disana terdapat Mini Waterboom, ada juga Mini Rafting dan Out Bond serta Flying Fox.

Salah satu keunikan Air Terjun Grojokan sewu adalah adanya jembatan dengan nama “Jembatan Cinta”. Konon kalau sampai ada pasangan yang berhenti di tengah jembatan saat melintas, maka nantinya hubungan mereka tak akan harmonis lagi, bahkan katanya bisa putus. Namun tak ada yang tau kebenarannya mitos tersebut.

5. Alun-alun Kidul

Alun-alun Kidul Solo
Alun-alun Kidul Solo

Setiap kota memiliki alun-alun dan jika Anda berlibur ke Kota Solo, sepertinya ada yang kurang kalau belum mengunjungi alun-alun kidul. Alun-alun Kidul merupakan tempat nongkrong kebanggaan warga Solo dimana ketika malam hari alun-alun ini selalu ramai dikunjungi warga sekitar untuk menikmati suasana malam yang indah. Disini Anda dapat mencoba berbagai permainan sambil menikmati jagung bakar ataupun wedang jahe.

Saat berada di Kawasan Wisata Alun-alun Kidul atau Alkid, Anda juga bisa mencicipi makanan yang ada disana. Terdapat banyak penjual makanan lezat di selatan Keraton Kasunanan Surakarta ini, apalagi harganya yang murah meriah tentu akan semakin membuat pengunjungnya bersemangat untuk bersantai disaana.